5. Apakah Kazakhstan layak untuk dikunjungi ?

Layak … bahkan lebih dari layak untuk dikunjungi.

Apabila Anda mencari artikel wisata tentang Kazakhstan di internet. misalanya “kazakhstan travel” maka salah satu destinasi wisata yang mendadak ramai dibicarakan adalah Kazakhstan. Harus diakui bahwa pada umumnya suatu destinasi wisata yang “baru” biasanya ditemukan oleh para petualang dan penjelajah, biasanya para backpackers. Tidak heran apabila para backpackers dari berbagai penjuru dunia akhir-akhir ini memilih Kazakhstan untuk trekking, hiking, snowboarding, skiing, skating, dan masih banyak lagi. Negeri ini cocok untuk para petualang karena memang di padang rumput (stepa) yang luas di Kazakhstan masih banyak orang-orang nomaden hidup dengan cara seperti leluhur mereka di jaman Jenghis Khan.

Disisi lain Anda akan dibuat takjub dan tercengang dengan Ibukota Astana yang modern layaknya kota abad 21 dengan bangunan-bangunan arsitektur kolosal dan simetris. Untuk mereka yang gemar dengan cerita-cerita konspirasi maka bangunan-bangunan dan simbol-simbol di Astana akan menimbulkan syak wasangka dan praduga yang ber macam macam, khususnya bagi para penggemar cerita-cerita tentang Illuminati.

Kazakhstan bukan hanya untuk para backpackers. Pemerintah Kazakhstan sudah sejak satu dekade lalu bekerja sama dengan berbagai negara yang lebih maju pariwisatanya untuk mengembangkan Kazakhstan sebagai salah satu destinasi utama di Asia Tengah.