3. Apakah Kazakhstan bagian dari Federasi Rusia ?

Kazakhstan adalah republik Soviet terakhir yang mendeklarasikan kemerdekaan selama pembubaran Uni Soviet pada 1991. Presiden saat ini, Nursultan Nazarbayev, telah menjadi pemimpin negara itu sejak saat itu.

  • Kazakhstan secara resmi adalah republik konstitusional yang demokratis, sekuler, kesatuan, dengan warisan budaya yang beragam. Kazakhstan berbatasan dengan Rusia, Cina, Kirgistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan, dan juga berbatasan dengan sebagian besar Laut Kaspia.
  • Kekaisaran Rusia dan Uni Sovyet: Rusia mulai maju ke padang rumput Kazakh di abad ke-18, dan pada pertengahan abad ke-19, mereka secara nominal memerintah seluruh Kazakhstan sebagai bagian dari Kekaisaran Rusia. Setelah Revolusi Rusia 1917, dan perang saudara berikutnya, wilayah Kazakhstan direorganisasi beberapa kali. Pada tahun 1936, ia dijadikan Republik Sosialis Soviet Soviet, bagian dari Uni Soviet.
  • Commonwealth of Independent States / CIS (Persemakmuran Negara-Negara Merdeka): Dibentuk ketika bekas Uni Soviet (sekarang disebut Rusia) benar-benar dibubarkan pada tahun 1991. CIS terdiri dari sepuluh bekas Republik Soviet: Armenia, Belarus, Kazakhstan, Kirgistan, Moldova, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan , Ukraina, dan Uzbekistan.