1. Dimana Kazakhstan dan apakah aman untuk dikunjungi ?

Asia Tengah (Central Asia)

Asia Tengah membentang dari Laut Kaspia di barat ke Cina di timur dan dari Afghanistan di selatan hingga Rusia di utara. Wilayah ini terdiri dari bekas republik Soviet: Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Negara-negara tersebut sehari-hari sering disebut sebagai “stan” karena negara-negara yang secara umum dianggap berada di wilayah tersebut semuanya memiliki nama yang diakhiri dengan akhiran “-stan”, yang berarti “tanah” dari Bahasa Persia.

Asia Tengah memiliki populasi sekitar 105 juta, terdiri dari lima republik: Kazakhstan (pop. 17.987.736), Kyrgyzstan (5.955.734), Tajikistan (8.734.951), Turkmenistan (5.662.544), dan Uzbekistan (31.446.795). Afghanistan (34.656.032) juga sering dianggap termasuk di Asia Tengah.

Asia Tengah secara historis terkait erat dengan masyarakat nomaden dan Jalur Sutera (Silk Road) yang bersejarah dan merupakan jalur untuk pergerakan orang, barang, dan pertukaran ide dan pemikiran antara Eropa, Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Timur.

Jalan Sutra menghubungkan tanah-tanah Muslim dengan orang-orang Eropa, India, dan Cina. Pada masa pra-Islam dan awal Islam, Asia Tengah didominasi Persia dan dihuni oleh bangsa-bangsa Baktria, Sogdia, Chorasmian, dan semi-nomaden Scythians (Saka) dan Dahae.

Setelah ekspansi oleh orang-orang Turki, Asia Tengah juga menjadi tanah air bagi orang Kazakh, Uzbek, Tatar, Turkmen, Kyrgyz, dan Uyghur. Bahasa Turki sebagian besar menggantikan bahasa Persia yang digunakan di daerah tersebut.

Dari pertengahan abad ke-19 hingga hampir akhir abad ke-20, sebagian besar Asia Tengah adalah bagian dari Kekaisaran Rusia dan kemudian Uni Soviet, keduanya negara-negara mayoritas Slavia, dan di lima bekas “stan” Soviet ini masih ada sekitar 7 juta etnis Rusia dan 500.000 Ukraina.

Kazakhstan

Kazakhstan adalah negara multietnis di mana kelompok etnis asli, Kazakh, merupakan mayoritas penduduk. Menurut sensus 2016 [1] ada dua kelompok etnis dominan di Kazakhstan: etnis Kazakh (66,48%) dan etnis Rusia (20,61%) dengan beragam kelompok lain yang diwakili, termasuk Ukraina, Uzbek, Jerman, Tatar, Uyghur, Korea, dan Turki Meskhetian.

Keamanan

Kazakhstan adalah negara yang bebas dari konflik apapun. Walaupun Kazakhstan dan Afghanistan berada di Asia Tengah, jarak darat Almaty (Kazakhstan) dengan Kabul (Afghanistan) hampir 2,000 KM, dan kedua negara ini tidak berbatasan langsung dan masih ditengahi oleh negara-negara “-stan” lainnya (lihat peta). Secara ekonomi Kazakhstan adalah negara yang paling maju dan berkembang dibanding negara-negara “-stan” lainnya.

JAKARTA FASHION WEEK 2020

JAVA BY TRAIN

VISIT BANDUNG

Tokyo 2020

  • HOTEL / PENGINAPAN
  • RESTORAN
  • TRANSPORTASI

KAZAKHSTAN & CENTRAL ASIA

Smiley face
  • UZBEKISTAN
  • KYRGYZSTAN
© 2019 Prime Indonesia . Powered by WordPress. Theme by Viva Themes.