Kazakhstan


M

ungkin yang pertama terbesit tentang negara Kazakhstan adalah orang nomaden yang menunggang kuda di padang rumput yang luas. Bagian dari lima ‘stan’ di Asia Tengah ini sering disalahpahami dan diremehkan. Sebagian besar orang mungkin mengira bahwa Almaty (bekas ibu kotanya hingga 1997) agak tidak berkembang, tetapi Anda akan terkejut mendapati bahwa kota ini modern, bersih, eksotis, dan sangat mengasyikkan !

Fakta tentang Almaty: Kota ini terletak di daerah pegunungan kaki bukit Trans-Ili Alatau (bagian utara Pegunungan Tien Shan) pada ketinggian 700 – 900 mdpl. Tahukah Anda bahwa asal usul apel berasal dari Kazakhstan ? Kata Almaty berasal dari Almatau yang artinya “gunung apel” atau “penuh dengan apel”.

K

azakhstan memperoleh kemerdekaan 27 tahun lalu (sebelumnya adalah bagian dari Uni Sovyet) dan telah banyak berkembang dalam hal ekonomi dan teknologi. Namun demikain sebagian besar penduduk masih mempertahankan budaya dan pengaruh nomaden mereka pada saat yang sama. Inilah mengapa Almaty harus menjadi yang berikutnya dalam daftar perjalanan Anda !

Negara kesembilan terbesar di dunia ini adalah yang paling maju secara ekonomi dari negara-negara yang berakhiran dengan ‘stan’ berkat cadangan minyaknya yang melimpah dan sebagian besar mineral berharga lainnya. Ini berarti aspek dan fasilitas akomodasi, restoran, dan transportasi umumnya yang lebih baik daripada di tempat lain di Asia Tengah.

Kazakhstan berbatasan dengan Federasi Russia, China, Kyrgyzstan, Uzbekistan, dan Turkmenistan.

Orang-Orang Kazakh

Sebagai Eurasia, orang-orang Kazakh adalah perpaduan yang menarik dari akar Asia dan Kaukasia. Salah satu hal yang paling menarik adalah mengamati orang-orang yang terlihat seperti orang Asia (dan memang pada kenyataannya mereka adalah orang Asia) tetapi dengan fitur agak Eropa, seperti mata kebiruan dan hidung yang mancung. Jika Anda bertanya-tanya, maka orang Kazakh sebagian besar adalah keturunan Turki, Mongol abad pertengahan, dan Kaukasia. Padukan orang Rusia kedalam campuran etnik yang unik ini dan itu menjelaskan fitur eksotis orang Kazakh.

Ada apa di Kazakhstan ?

Ada yang menyebut Kazakhstan sebagai Swiss di Asia Tengah. Tetapi lebih dari itu Kazakhstan merupakan satu paket tersendiri karena memiliki pegunungan yang membentang di bagian selatan dengan salju abadi di bagian atas dan puncaknya, lembah yang hijau dan asri diantara pegunungan dengan sungai mengalir dibawahnya, danau-danau dengan air yang jernih di gunung maupun di lembah, ngarai (canyon) yang besar dengan tanah dan bebatuan merah, padang pasir, stepa, dan masih banyak keunikan lainnya karena sebagai bagian dari Jalur Sutera (Silk Road) menyimpan berbagai sejarah masa lalu.

Tidak dapat dipungkiri bahwa alam yang unik yang pernah ditapaki oleh Jenghis Khan ini didominasi oleh stepa (padang rumput luas) dan gunung maupun pegunungan adalah primadona daya tarik wisatawan dari manapun yg berkunjung ke Kazakhstan.

D

ua kota besar utama Alma Aty (atau Almaty, di bagian selatan) dan Ibu Kota Astana (di bagian tengah) adalah pintu masuk utama ke Kazakhstan. Jarak jalan darat antara kedua kota ini adalah 1.212 KM.

Seperti di belahan dunia manapun, ada bagian negeri ini terutama di padang rumput yang luas (steppe) yang masih menjalani kehidupan dan budaya tradisional, namun Kazakhstan dengan Ibukota Astana adalah kota futuristik Abad 21 yang menjadi perbincangan siapapun yang datang kesana.

K

azakhstan adalah tempat untuk wisatawan siapapun, apakah sekedar jalan-jalan, mengamati budaya dan sejarah, petualangan aktif, melaju dengan jeep membelah padang rumput, gurun, ngarai (canyon), olah-raga musim dingin atau musim panas, berkuda, golf, bahkan casino pun tersedia. Dan semua ini bertaraf internasional. Sebagai kota cosmopiltan, Almaty dan Astana sudah pasti menawarkan pusat-pusat perbelanjaan modern, pedestrian shopping districts, restoran dengan makanan khas maupun internasional, kafe, dan klub-klub malam.

Arti kata Kazakh adalah free man. Nikmati sejenak video dibawah ini tentang Kazakhstan, khususnya Almaty.